TERBIT 1 FEBRUARI 2012.... ... ...SELAMAT IDUL FITRI 1 SYAWAL 1438 H. MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN. KEJURNAS AFR REMAJATENIS SUMSEL -XVI TGL 14-16 JULI 2017 DI PALEMBANG....,,,.KEJURNAS AFR REMAJA TENIS SULSEL-XI TGL 14-16 JULI 2017 DI MAKASSAR,,..., AFR REMAJATENIS KALTENG TGL 21-23 JULI 2017 DI PALANGKA RAYA ......JAKARTA-64 TGL 4-6 AGUTUS 2017 DI GOR RAWAMANGUN JAKARTA... REMAJA TENIS CIREBON 1-3 SEPT 2017 DI CIREBON . ................. UNTUK PETENIS INDONESIA, MENTAL YANG PALING PENTING, SERTA KELINCAHAN, MOBILITAS DAN DAYA TAHAN UNTUK MENEMBUS TINGKAT DUNIA... IKUTILAH WWW.REMAJATENIS.BLOGSPOT,COM ............ MENUNGGU ULURAN TANGAN SEBAGAI SPONSOR KEGIATAN REMAJATENIS SILAHKAN HUBUNGI 0856 1900 943...........

TENTANG KAMI

Website www.remaja-tenis.com merupakan media massa yang memberitakan berbagai kegiatan pertenisan di Indonesia khususnya di kalangan remaja. Kelahiran remaja-tenis.com tidak muncul begitu saja, tetapi ada sejarah panjang yang melatarbelakangi.

Bemula di Kota Singaraja, Bali, tahun 1958, terdapat petenis cilik yang sangat berkeinginan untuk mengembangkan potensinya. Petenis kecil ini, AFR, berkeinginan mengasah bakat bermain tenisnya dengan mengikuti turnamen tenis.

Sayangnya di masa itu, tidak banyak orang peduli terhadap pembinaan dan kebutuhan para petenis cilik seusia AFR untuk mengasah bakat mereka. Padahal para petenis pemula sangat memerlukan banyak turnamen untuk menambah jam terbang sekaligus meningkatkan prestasi mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Waktu itu turnamen yang ada kebanyakan hanya untuk pemain senior atau orang tua. Turnamen bagi para petenis junior terabaikan.Padahal Turnamen merupakan kebutuhan atlet tenis dan turnamen merupakan salah satu bentuk pembinaan atlet tenis.

Keinginan yang tak terwujudkan itu kemudian menjadi obsesi dan memunculkan niat untuk menyelenggarakan turnamen tenis junior.  Peluang datang ketika AFR  duduk dalam kepengurusan Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) Pusat tahun 1987. Waktu itu dicoba menggelar turnamen tenis junior maupun seior  berskala nasional hingga internasional.

Sayangnya menjelang akhir 1990-an Indonesia dilanda krisis keuangan dan berlanjut menjadi krisis ekonomi, serta multikrisis. Padahal penyelenggaraan turnamen tenis junior sangat bergantung pada dukungan dana dari berbagai perusahaan sebagai sponsor. Akibatnya, penyelenggaraan turnamen tenis junior mulai berkurang.

Di tengah-tengah kesulitan itu dicoba konsep baru dengan menggelar pertandingan pada hari Sabtu-Minggu atau disebut Persami mulai tahun 1996. Kegiatan ini dilaksanakan semasa AFR duduk di Komite Pertandingan Pengurus Daerah Pelti DKI Jakarta. Mulai di Jakarta di Pusat Tenis Danamon Jakarta.

Hingga tahun 2008 telah diselenggarakan hampir 300 pertandingan di Jakarta, Palembang, Manado, Balikpapan, Bandung, Cilegon, Cirebon, Sidoarjo, Singaraja (Bali), Manado hingga Palangka Raya yang kemudian dikenal dengan label Piala Ferry Raturandang sesuai dengan anjuran dari salah satu orangtua pecinta tenis. Perjalanan Piala Ferry Raturandang telah mencapai pelaksanaan ke 69 kalinya. Keberhasilan ini memunculkan keinginan untuk meningkatkan kualitas turnamen menjadi turnamen nasional atau dikenal dengan Turnamen Diakui Pelti (TDP).

Masalah baru muncul, yaitu dukungan dana, mengingat harus ada penambahan tenaga pelaksana sesuai ketentuan TDP, semisal referee, tenaga medis, dan wasit. Pengalaman menjalankan konsep Persami tanpa sponsor, kemudian diaplikasikan untuk mewujudkan turnamen junior yang diakui Pelti tersebut. Pada awal tahun 2009 itulah mulai diperkenalkan RemajaTenis di Jakarta.

Peserta turnamen Remaja Tenis dibagi dalam kelompok umur 10 tahun, 12 tahun, 14 tahun, 16 tahun, dan 18 tahun.  Turnamen dilaksanakan di Samarinda dengan label Mahakam Open dan di Jakarta. Respons komunitas tenis ternyata luar biasa, terlihat dari banyaknya peserta disertai kedatangan pelatih dan orangtua mereka.

Tahun 2009 penyelenggaraan Remaja Tenis dikembangkan hingga Kota Bandung, Jogyakarta, Medan dan Cirebon.  Menyadari betapa pentingnya turnamen bagi atlet yunior Remaja Tenis terus berkembang menjelajahi berbagai kota. Kemudian tahun 2010 memasuki kota Mataram (Lombok), Sumbawa Besar,Pontianak, Banjarmasin, Solo, Surabaya, Palu (Sulawesi Tengah). Responspun datang dari berbagai kota yang ingin diselenggarakan RemajaTenis dikota tersebut. Tahun 2011 dicoba digelar di Palembang (PUSRI) sebelum SEA Games 2011. Tahun 2012 masuk lagi ke Medan, Payakumbuh (Sumatra Barat) dan Palembang dikompleks Jakabaring eks SEA Games 2011 kembali digelar.  Dengan berkembangnya turnamen nasional sehingga dibutuhkan pula pusat informasi sebagai sarana yang bisa diketahui secara terbuka.

Disamping itu pula konsep RemajaTenis membutuhkan sarana internet yang cepat dan praktis. Maka lahirlah www.remajatenis.blogspot.com yang juga mendapatkan sambutan masyarakat karena sangat haus akan informasi tenis di Indonesia. Setelah itu disadari pula keterbatasan blogger ini sehingga ditingkatkan pelayanan informasi melalui website baru yang diperkenalkan secara resmi tanggal 1 Februari 2012 yaitu www.remaja-tenis.com yang akan menjadi pembawa pesan tentang seluk beluk turnamen Remaja Tenis, serta forum yang mempertemukan berbagai gagasan dalam upaya mengembangkan kegiatan ini. ***

 

 


TOTAL VISITOR
Sponsor
banner-169x41-tennisicoach banner-169x41-playstay banner-169x41-itf banner-169x41-fedcup banner-169x41-daviscup
Marquee Content Powered By Know How Media