TERBIT 1 FEBRUARI 2012.... ...... .....BANK MAYAPADA JUNIOR NATIONAL CHAMPS 2018 DI BANDUNG. 16-22 JULI 2018... REMAJATENIS & VETERAN BLORA 24-29 JULI DI BLORA....... MENUNGGU ULURAN TANGAN SEBAGAI SPONSOR KEGIATAN REMAJATENIS SILAHKAN HUBUNGI 0856 1900 943...........

Setelah Musyawarah Daerah, So What


REMAJA-TENIS.COM, JAKARTA. Tahun 2017 merupakan tahun terakhir bagi induk organisasi Pelti yaitu Pengurus Pusat hasil Munas Pelti 2012. Tetapi disamping itu pula sudah beberapa kepengurusan Pengurus Daerah yang juga sudah berakhir masa berlakunya bahkan ada yang sudah lewat batas waktunya tetapi belum ada tanda tanda diselenggarakan Musda. Entah apa alasannya sehingga pertenisan didaerah tersebut lebih tersendat sendat. Bagaimana jadinya jika suatu Pengda yang sebagai tuan rumah multi event yang cukup bergengsi akan dilaksanakan dikota tersebut. Misalnya kota Palembang yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sedangkan Pengda Pelti Sumsel sudah habis masa berlakunya. Ini baru satu contoh yang terjadi, belum lagi pengda lainnya yang tidak termonitor. Saat ini sedang berlangsung Musda Pelti DKI Jakarta.

Tetapi ada beberapa Pengda Pelti yang sudah terbentuk kepengurusannya setelah dilaksanakan Musyawarah Daerah Pelti. Sebagai contoh Pengda Bangka Belitung, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara.

Apakah tolak ukur keberhasilan suatu Pengda selama 5 (lima) tahun menjalankan tugasnya? Memang banyak patokan yang bisa digunakan tetapi tentunya kita tidak bisa mengatakan hanya Pengda tetapi Pengurus Pusatpun masih banyak ketertinggalannya sehingga membuat pertenisan nasional itu lebih terpuruk.

Bagi induk organisasi selalu tolak ukurnya bagi masyarakat tenis adalah keberhasilan tim yang digunakan untuk dalam kejuaraan beregu. Bisa saja untuk single event beregu tetapi bisa juga untuk multi event. Kalau skala internasional single event itu adalah kejuaraan beregu Fed Cup (putri), Davis Cup (putra), Junior Fed Cup, Junor Davis Cup ( 16 tahun) dan World Junior Tennis Competition (KU 14 tahun). Untuk multi event ada SEA Games, Asian Games dan Olimpiade. Bagi Pengda kita kenal Pekan Olahraga Nasional, PON Remaja, Pekan Olahraga Pelajar (POPNAS) yang merupakan tanggung jawab Pengda Pelti. Begitu juga bagi Pengcab Pelti memiliki kejuraan beregu yaitu PORDA (PORPROV).
Sehingga melupakan keberhasilan program lainnya seperti grass root development programnya termasuk turnamen. Intinya adalah sering melupakan peningkatan pembinaan SDM yaitu petenis, pelatih maupun ofisial turnamen

Setelah dibentuk kepengurusan Pengda Pelti kemudian dilanjutkan dengan pelantikan oleh PP Pelti kepengurusan lima tahun mendatang. So what ?

Tentunya bisa dilihat dari pertangung jawaban kepengurusan sebelumnya. Apa yang berhasil dan apa yang gagal. Ini bisa digunakan sebagai evaluasi kepengurusan berikutnya. Oleh PP Pelti sudah ada Pokok Pokok Program Kerja 5 tahun yang untuk 2012-2017 agak terlambat dibagikan ke Pengda Pelti. Bisa dibayangkan kepengurusan setengah jalan baru disebar luaskan ke Pengda. Dan bahkan baru diterima secara resmi disaat Rakernas Pelti 2016 lalu. Keterlambatan ini juga bisa memicu keterlambatan pelaksanaan pembinaan SDM yang dimaksud diatas.

Bagi kepengurusan Pengda Pelti yang baru terbentuk sudah harus dimulai sekarang menjalankan programnya karena banyak tantangan dimasa depan bagi kepengurusannya. Bisa saja digunakan patokan sasarannya adalah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua sebagai program jangka pendek. Sedangkan POPNAS bisa digunakan sebagai program antara sebelum ke PON 20120. POPNAS 2017 dibulan Agustus 2017 di Semarang yang setiap 2 tahun sekali dilaksanakan.

Diawali dulu Pokok Pokok Program Kerja Pelti 2012-2017 sebagai acuan kerja Pengda Pelti yang baru terbentuk. Janganlah mengunakan program instant untuk PON 2020 dengan membeli atlet dari pembinaan daerah lain. Ini contoh yang tidak baik bagi pertenisan daerah maupun nasional. Mind set pelaku tenis sudah harus segera dirubah jika ingin majukan tenis Indonesia ( penulis August Ferry Raturandang, pengamat tenis)

Comments are closed.


TOTAL VISITOR
Sponsor
banner-169x41-tennisicoach banner-169x41-playstay banner-169x41-itf banner-169x41-fedcup banner-169x41-daviscup
Marquee Content Powered By Know How Media